Alat Ini Dapat Deteksi Alzheimer

Jum'at, 01 Mei 2015 - 14:26 WIB
Alat Ini Dapat Deteksi Alzheimer
Alat Ini Dapat Deteksi Alzheimer
A A A
JAKARTA - Alzheimer atau penurunan memori otak merupakan penyakit mematik. Sampai saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit yang memakan biaya besar ini. Namun kini telah ditemukan sebuah alat untuk mendeteksi penyakit ini.

Dilansir dari Medindia, tim ilmuwan Universitas Northwestern dan insinyur telah menemukan alat pendeteksi dini penyakit alzheimer tahap awal. Bahkan, alat ini juga dapat mendeteksi sebelum gejala alzheimer muncul.

Para ilmuan tersebut mengembangkan MRI (magnetic resonance imaging) yang memasangkan magnetic nanostructure (MNS) dengan antibodi yang berusaha menemukan amiloid beta, racun otak yang bertanggung jawab atas timbulnya penyakit tersebut.

Struktur nano magnetik yang muncul sebagai daerah gelap dalam MRI membuat racun terakumulasi. Hasil penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Nature Nanotechnology.

Ilmuwan syaraf, William L. Klein mengatakan, kemampuan untuk mendeteksi oligomer amiloid beta penting untuk dua alasan.

Pertama, karena oligomer beta amyloid merupakan racun yang merusak syaraf, dan oligomer juga menjadi tanda pertama dalam proses tumbuhnya penyakit, sebelum tanda-tanda penyakit lainnya .
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4565 seconds (0.1#10.140)